Kelompok Informasi Masyarakat SUKA WARTA Desa Sukoreno Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan

Senin, 01 April 2013

Mengenal peninggalan - peninggalan zaman dulu


Demi melestarikan dan mengetahui cagar alam yang ada di daerah sekitar, warga Desa sukoreno terutama orang dusun kesiman melakukan ekspedisi alam untuk mengetahui situs – situs bersejarah seperti peninggalan candi yang ada di gunung penanggungan dan di lereng gunung welirang.
Beranggotakan kurang lebih 40 orang, untuk melakukan perjalanan kesuatu tempat bisanya dibutuhkan waktu 4 sampai 5 jam. Tempat – tempat yang pernah didatangi yaitu di indrokilo, tambak watu dan di gunung penanggungan. Kesemua tempat itu mempunyai bermacam – macam situs bersejarah seperti candi – candi.

Seperti digunung Penanggungan,Gunung ini dikenal memiliki nilai sejarah tinggi karena di sekujur lerengnya ditemui berbagai peninggalan purbakala, baik candi, pertapaan, maupun petirtaan dari periode Hindu-Buddha di Jawa Timur. Di masa itu ia dikenal sebagai Gunung Pawitra.
Sesaat setelah mendaki kurang lebih 3 Km (dari jalan arah Trawas – Ngoro), sampailah di Situs Jalatunda. Sebuah Situs Candi berupa Patirtaan (pemandian) yang konon dibangun jaman Raja Airlangga, lantaran terdapat inskripsi UDAYANA di teras pancurannya.
Nah, kalo ingin ketemu candi-candi kecil (yang dibangun jama Majapahit), terus naik ke arah puncak Gunung Penanggungan. Mula-mula akan ketemu Candi Bayi, Candi Putri, lalu Candi Pura.
Naik lagi ketemu Candi Gentong, naik terus akan sampai di Candi Shinta. Jika memutar ke arah kanan akan ketemu Candi Lurah, Candi Carik, Candi Yudha. Jarak antara candi-candi kecil itu kira-kira antara 100-200 meter lah.

Menikmati suasana hening di Pertapaan Indrokilo ini dengan dikelilingi arca-arca yang diperkirakan peninggalan jaman majapahit. selain menggulirkan rasa tenang, juga terselip perasaan takjub dan prihatin, pasalnya tempat yang menjadi saksi sejarah ini dengan nilai seni dari peradaban yang tinggi tampak terlihat kurang terawat, reruntuhan bangunan yang diperkirakan candi tempak hampir di semua tempat di kawaasan ini, Mungkin kita pernah mendengar tentang "Padepokan Gunung Ringgit" dalam cerita-cerita pewayangan, mungkin tempat inilah yang diceritakan.


Sedang untuk yang di tambak watu ada beberapa pos yang disitu ada beberapa situs peninggalan atau pun makam seperti  Guo Ontoboego,eyang semar,mahkutarama,sepilar,dll.  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar